Pemberdayaan Masyarakat




Pemberdayaan masyarakat merupakan suatu kondisi ideal yang diimpikan pada masyarakat. Yaitu masyarakat yang tidak berdaya menjadi masyarakat yang mandiri yang berdiri di kaki sendiri.
Dilihat dari segi analisis maka strategi pemberdayaan masyarakat selalu terikat kepada unit analisis. Adapun unit analilis itu adalah :
1.      Micro - unit analisis ini mencakup kelompok-kelompok atau pun grup-grup yang jumlahnya lebih  3 orang.
2.      Mezzo - unit  analisis ini termasuk kategori menengah, pada level ini maka yang menjadi unit analisis nya yaitu community atau pun komunitas.
3.      Macro - unit analisis yan terakhir adalah masyarakat (societal).
Dalam masyarakat indonesia yang multikultur keberagaman menjadi sesuatu yang telah terberikan. Pendekatan–pendekatan yang digunakan dalam social empowerment baiknya menggunakan kekuatan bahan baku lokal, yang merujuk kepada perkakas-perkakas lokal yang disebut kearifan lokal.  Dengan beragamnya budaya dan masyarakat di indonesia pendekatan yang dianggap cocok dengan kultur indonesia adalah pendekatan dinamika kelompok (group dinamic).
Pembangunan yang disebut untuk mengisi kemerdekaan indonesia belumlah dalam bentuk tempat atau wadah, namun hanya berupa “in potentia” ( mimpi ke indonesiaan ) yang masih harus diwujudkan menjadi “in action”.  In potentia yang berupa indonesian dream baru sebatas utopia politik. Pada hal mimpi ke indonesiaan itu bisa terwujud dalam bentuk pembangunan. Namun upaya pembangunan itu baru ingin mewujudkan wadah. Sehingga slogan yang selama ini menyebutkan bahwa pembangunan untuk “mengisi” kemerdekaan adalah menyesatkan.
Selanjutnya kekeliruan kedua dari pembangunan selama ini adalah pembangunan yang hanya mengarah kepada pembangunan ekonomi. Hal ini tentu saja mengaburkan sekaligus bisa meretakkan citra kemerdekaan . seperti pribahasa “ bukan retak yang membawa ukir tapi retak yang membawa belah.” Untuk itu sebelum ia menjadi retak yang berkeping-keping kita harus membawa pembangunan ekonomi menjadi pembangunan nasional dengan pendekatan budaya.
Adapun kunci dalam pendekatan budaya yaitu :
1.      Adanya ruang
2.      Politik demokrasi yang sedang berlangsung
3.      Musyawarah yang menjadi nilai dari pancasila
4.      Martabat kemanusiaan yang melekat pada warganya. 

Masa depan memang tidak bisa diramalkan apa lagi di pastikan, tapi bisa diciptakan melalui perubahan yang direncanakan “planned change” dan pemberdayaan masyarakat merupakan bentuk dari perubahan yang direncanakan. 

Komentar