Ekspedisi Suku Baduy

Ekspedisi Baduy adalah kegiatan untuk mengenal kehidupan suku baduy yang berada di Provinsi Banten. Saya berkesempatan BEM FISIP UR mengikuti kegiatan yang diselenggarakan oleh BEM FISIP UNTIRTA BANTEN dalam acara Pertemuan Mahasiswa se Indonesia FISIPHORIA pada 4-6 Desember 2014.

Perjalanan untuk masuk kepumikiman suku baduy di lakukan dengan berjalan  kaki memasuki hutan belantara. dibutuhkan lebih kurang 6 jam perjalanan untuk bisa sampai kepemukimn baduy. dalam perjalanan kami disuguhi pemandangan yang luar biasa dari asri nya hutan yang masih terjaga.

menjelang mahgrib kami pun sampai di kawasan pemukiman suku baduy. oh iya, suku baduy ini terbagai dua yaitu baduy dalam dan baduy luar. baduy dalam sampai saat ini masih menjaga eksistensinya dengan tidak bersentuhan dengan dunia luar. sementara baduy luar sudah mulai mngenal modernisasi walau tatap menjaga nilai-nilai tradisionalnya.

kami bermalam di salah satu rumah masyrakat suku baduy. dari diskusi dengan kepala suku kami mengetahui bahwa suku baduy menganggap bahwa ditempat merekalah nabi adam pertama kali di turunkan di bumi dan mereka berusaha menjaga nilai-nilai tersebut dengan tidak merusak alam dan lingkungannya. terakhir sebelum pulang kami semua dinasehati bahwa dunia ini luas, maka jaga lah diri kembangkan diri dan yang terpenting tau diri. suatu pesan yang sarat dengan makna yang mendalam.




bersama salah satu penduduk baduy


alat menumbuk padi

rumah penduduk baduy


lumbung tempat meyimpan padi suku baduy


bersama teman-teman dari berbagai daerah

Pemandangan selama perjalanan




pemberian cendra mata kepada Gubernur BEM FISIP UNTIRTA 



suku baduy yang menemani perjalanan
salah satu anak suku baduy 

Pintu masuk

Komentar