Langsung ke konten utama

Ekspedisi Suku Baduy

Ekspedisi Baduy adalah kegiatan untuk mengenal kehidupan suku baduy yang berada di Provinsi Banten. Saya berkesempatan BEM FISIP UR mengikuti kegiatan yang diselenggarakan oleh BEM FISIP UNTIRTA BANTEN dalam acara Pertemuan Mahasiswa se Indonesia FISIPHORIA pada 4-6 Desember 2014.

Perjalanan untuk masuk kepumikiman suku baduy di lakukan dengan berjalan  kaki memasuki hutan belantara. dibutuhkan lebih kurang 6 jam perjalanan untuk bisa sampai kepemukimn baduy. dalam perjalanan kami disuguhi pemandangan yang luar biasa dari asri nya hutan yang masih terjaga.

menjelang mahgrib kami pun sampai di kawasan pemukiman suku baduy. oh iya, suku baduy ini terbagai dua yaitu baduy dalam dan baduy luar. baduy dalam sampai saat ini masih menjaga eksistensinya dengan tidak bersentuhan dengan dunia luar. sementara baduy luar sudah mulai mngenal modernisasi walau tatap menjaga nilai-nilai tradisionalnya.

kami bermalam di salah satu rumah masyrakat suku baduy. dari diskusi dengan kepala suku kami mengetahui bahwa suku baduy menganggap bahwa ditempat merekalah nabi adam pertama kali di turunkan di bumi dan mereka berusaha menjaga nilai-nilai tersebut dengan tidak merusak alam dan lingkungannya. terakhir sebelum pulang kami semua dinasehati bahwa dunia ini luas, maka jaga lah diri kembangkan diri dan yang terpenting tau diri. suatu pesan yang sarat dengan makna yang mendalam.




bersama salah satu penduduk baduy


alat menumbuk padi

rumah penduduk baduy


lumbung tempat meyimpan padi suku baduy


bersama teman-teman dari berbagai daerah

Pemandangan selama perjalanan




pemberian cendra mata kepada Gubernur BEM FISIP UNTIRTA 



suku baduy yang menemani perjalanan
salah satu anak suku baduy 

Pintu masuk

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Pertanyaan Penting Untuk Menjadi Sociopreneur

Sociopreneur atau wirausaha sosial merupakan bentuk dari suatu upaya dari organisasi ataupun perusahaan agar bisa memberikan dampak sosial dan bukan hanya sekedar mencari keuntungan semata Memulai social enterprise hampir sama dengan memulai usaha atau membangun perusahaan sendi di bidang apapun. Bedanya, biasanya untuk socieopreneur  kita bisa memulai dengan 5 pertanyaan ini sebelum kemudian turun dan memutuskan menjadi seorang sociopreneu r : Apakah masalah sosial yang membuat kita ingin membangun social enterprise? Bagaimana proses pemberdayaan yang akan kita lakukan bersama masyarakat untuk mendukung pemecahan masalah sosial tersebut? Apa saja prinsip bisnis etis yang akan kita implementasikan? Apakah kita bisa melihat kegiatan ini sebagai sesuatu yang berkelanjutan dalam jangka panjang, atau hanya menjadi proyek idealis saja? Akan seperti apakah dampak sosial dari social enterprise kita ini? Nah, jika tertarik mulai membangun soci

Modal Sosial Masyarakat Desa

Konsep modal sosial yang terkait jaringan sosial telah menjadi mekanisme jelas kunci dalam bidang sosiologi ekonomi, fleshing implikasi dari asumsi meta-teoretis.   Hal ini dalam jaringan yang banyak (meskipun tidak semua) tindakan ekonomi secara sosial tertanam, dan salah satu hasil yang paling penting dari yang embeddedness adalah modal sosial. Definisi sosiologis yang diterima secara umum Modal sosial adalah kemampuan untuk mendapatkan akses ke sumber daya berdasarkan keanggotaan dalam jaringan atau structures.2 sosial yang lebih besar Jelas, seperti kemampuan mengalir keluar dari embeddedness (bagian) , menjadi salah satu yang paling nyata manifestasi.   Salah satu bagian dari modal sosial yang sangat berpengaruh dewasa ini adalah modal sosial kepercayaan ( trust) yang dapat memberikan andil yang besar dalam pembangunan ekonomi masyarakat. Ikatan-iktan sosial yang ada dalam masyarakat harus direkatkan dengan kepercayaan.  Modal dasar dari adanya ikatan sosial yan

Mengenal Profesi Enumerator

Pernah dengar profesi enumerator ? menurut KBBI V Enumerator adalah  petugas lapangan yang membantu tugas tim survei dalam kegiatan pencacahan atau pengumpulan data. Lalu apa saja yang dikerjakan oleh seorang enumerator ? secara umum ada 3 hal yang dikerjakan oleh seorang enumerator, yaitu :  1.  Pengumpulan data Kalo pengumpulan data  nggak jauh-jauh dari yang namanya kuesioner. Yups, tugasnya enum itu nyebarin kuesioner atau melakukan wawancara yang sudah ditargetkan oleh tim survei. 2. Cek Isian Kuisioner  setelah kuisioner diisi oleh responden,tugas enum adalah memastikan isian kuisioner telah dijawab semua oleh responden sebelum diperiksa oleh koordinator tim. 3. Entri data Kuesioner yang sudah di acc sama koordinator tim  akan kita entry ke aplikasi yang sudah diberikan pada saat workshop, selesai entri data beres deh kerjaan sebagai enumnya.  gimana, kamu tertarik jadi enumerator ? .