merawat luka



Tulisan Robi (TUBI)
Merawat Luka 

Menghadapai orang sulit selalu merupakan masalah terutama jika orang sulit itu  dalah diri sendiri. Jika kita merasa bahwa semua orang memiliki masalah dengan kita tidakkah kita curiga bahwa diri kita ini lah masalahnya ?Orang-orang yang terluka  seperti orang yang kena tusukan, merasakan sakit bukan karena apa yang sedang terjadi diluar. Dia merasakan sakit itu karena dia sedang terluka. Lukanya bengak dan bernanah, meski dibelai dengan kain sutrapun luka itu akan tetap terasa menyakitkan.
Kesalahan terbesar orang-orang terluka adalah mereka tidak segera menyembuhkan luka lamanya. Di a memilih menikmati lukanya sendiri, dia merawat baikbaik telususkan itu agar tetepa berada dalam di dalam kulitnya. 

Orang terluka  sulit untuk menerima kegagalan. Dia selalau menemukan orang, pihak, kelompok, benda atau apapun yang menjadi sebaba dari segala kepahitan. Telususkan itu mengeram dalam diam  namun mendatangkan kuman-kuman.

Orang terluka tak suka belajar dari orang lain. Ia menganggap bahwa orang lain bersalah dan menyakiti dirinya, dia tidak bergiarah menyelsaikan masalah karena dia menganggap semua itu bukan salahnya. Seharusnya orang lain yang telah menyakitinya itu bentindak lebih dahulu. Seharusnya mereka yang meminta maaf, seharusnya mereka yang memberi hadiah, seharusnya mereka yang mengerjakan tugas, seharusnya mereka yang menanggung biaya. Seharusnya mereka.

Begitulah. Apakah kita termasuk orang terluka ?

Mereka mengisi kehidupan dengan sebuah tugas maha penting untuk mengecilkanorang lain. Mereka ada untuk menyampaikan kelemahan kita dan membuat kita perccaya bahwa kita ditakdirkan untuk menjadi sampah. Mereka menghalangi orang yang ingin maju  dan mendaki titik lebih tinggi. Mereka memututksan mimpi-mimpi kita. Mereka mengkaramkan bahtera harapan yang kita luncurkan. Menghabiskan ide cemerlang dengan kesinisan. Mencemoohupaya rintisan sebagai kesia-siaan, mereka memberangus makna keberhasilan kecil yang sedang kita rayakan.

Semoga kita menyadari setiap luka-luka yang pernah tergores dan segera mengobatinya. agar hati kita tak bengkak karena merawat luka.

Komentar