Langsung ke konten utama

Mantera Dalam Aktivitas Orang Petalangan



Mantera Dalam Aktivitas Orang Petalangan 

Praktek magis adalah bagian yang diakrabi dalam kehidupan  dan aktivitas orang petalangan. magis sendiri adalah lawan dari alasan yang logis.  Lomu dalam dialek orang petalangan untuk ilmu menyiratkan pengetahuan akan ilmu yang diturunkan oleh para leluhur. Biasanya semakin terisolir suatu suku dari modernisasi maka akan semakin kuat magi yang mereka miliki.
Orang petalangan membagi lomu dan mantera magi mereka dalam dua golongan yaitu : “magi sosial” ( ilmu masyrakat/ lomu masyrakat) dan “magi personal “ (lomu pribadi, ilmu pribadi).
Ilmu masyrakat adalah magi untuk aktivitas komunal, meliputi kegiatan ekonomi seperti pertanian, perburuan, dan mengumpulkan madu. Selanjutnya untuk keperluan medis seperti pengobatan dan bersa;in atau melahirkan. Untuk kategori ini memerlukan adanya seeorang ahli atau spesialis dengan sebutan masing-masing seperti dukun padi, juagan ( dukun lebah), kemantan, dan bidan atau dukun beranak.
Ilmu pribadi sebaliknya digunakan untuk keperluan sendiri. Kategori ini melibatkan serangkaian mantera untuk meningkatkan keseahtan, kekeuatan tubuh, melindungi diri, kecantikan dan kepuasan seksual.
Ilmu pribadi yang peruntukannya untuk diri sendiri seperti ilmu bersuci diri, ilmu kebal, pemani, perindang, dan petunang (pemerdu suara). Sementara itu ilmu pribadi yang dianggap berbahaya karena diperuntukan untuk menguasai emosi orang lain dan mengatur hubungan sosial antar sesama. Mantera atau ilmu ini meliputi ilmu pengasih, ilmu pembenci, dan ilmu penunduk.
Ilmu pengasih digunakan untuk membuat sasaran jatuh cinta pada pelakau, sedangkan ilmu pembenci bertujuan untuk memebuat orang saling membenci. Jadi ilmu pembenci merupakan bagian dari ilmu pengasih karena tujuan utama ilmu pengasih adalah memebuat sasaran menjadi benci pada orang lain.
Ilmu penunduk digunakan untuk membuat orang lain patuh dan takluk. Magi ini digunakan untuk menundukan lawan oleh mereka yang memiliki kedudukan sosial yang tidak seimbang. Orang petalangan biasanya menggunakan ilmu ini ketika bertemu dengan O’ang bose ( orang besar atau yang memiliki pangkat tinggi ).
Ilmu penunduk digunakan untuk mencegah kemarahan orang berkuasa ( superior) terhadap yang lemah ( inferior). Ini menunjukan perasaan khawatir dan takut orang petalangan tentang kemungkinan melukai perasaan orang – orang yang diatas mereka. Dengan ilmu ini maka semarah apapun mereka maka kemarahan itu akan menjadi hilang bahkan akan menerima dan menjadi sayang dan memenuhi yang diminta oleh bawahannya. Singkatnya orang petalangan menggunakan ilmu ini untuk menghindari konfrontasi dan konflik dengan orang yang lebih tinggi. Ini menunjukan bahwa orang petalangan adalah orang yang menjunjung tinggi nilai keselarasan dan harmonisasi dalam berhubungan dengan sesama manusia.



Berikut Adalah Kategori Mantera Magi Orang Petalangan
No
Kategori
Ilmu  
Pelaku  
Objek  
Tujuan
1
Ilmu masyarakat
Imu padi
Dukun padi
Beras
Panen yang bagus
2
Ilmu lebah
Dukun lebah 
( juagan )
Lebah
Mengumpulkan madu
3
Ilmu pengobatan
Kemantan
Pasien
Mengobati pasien
4
Ilmu bidan
Bidan
 ( dukun beranak)
Perempuan yang melahirkan
Melahirkan bayi
5
Ilmu pribadi
Ilmu pemani
Individual
Tubuh pelaku
Kesejahterahan personal dan pertahanan diri. Meningkatkan kondisi tubuh, kesehatan dan kecantikan.
6
Ilmu suara
7
Ilmu bersihkan diri
8
Ilmu kebal
9
Ilmu tamananang
10
Ilmu pengasih
Individual
Pikiran orang lain
Menguasai perasaan, keinginan orang lain untuk kepentingan pelaku
11
Ilmu pembenci
12
Ilmu penunduk

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Pertanyaan Penting Untuk Menjadi Sociopreneur

Sociopreneur atau wirausaha sosial merupakan bentuk dari suatu upaya dari organisasi ataupun perusahaan agar bisa memberikan dampak sosial dan bukan hanya sekedar mencari keuntungan semata Memulai social enterprise hampir sama dengan memulai usaha atau membangun perusahaan sendi di bidang apapun. Bedanya, biasanya untuk socieopreneur  kita bisa memulai dengan 5 pertanyaan ini sebelum kemudian turun dan memutuskan menjadi seorang sociopreneu r : Apakah masalah sosial yang membuat kita ingin membangun social enterprise? Bagaimana proses pemberdayaan yang akan kita lakukan bersama masyarakat untuk mendukung pemecahan masalah sosial tersebut? Apa saja prinsip bisnis etis yang akan kita implementasikan? Apakah kita bisa melihat kegiatan ini sebagai sesuatu yang berkelanjutan dalam jangka panjang, atau hanya menjadi proyek idealis saja? Akan seperti apakah dampak sosial dari social enterprise kita ini? Nah, jika tertarik mulai membangun soci

Modal Sosial Masyarakat Desa

Konsep modal sosial yang terkait jaringan sosial telah menjadi mekanisme jelas kunci dalam bidang sosiologi ekonomi, fleshing implikasi dari asumsi meta-teoretis.   Hal ini dalam jaringan yang banyak (meskipun tidak semua) tindakan ekonomi secara sosial tertanam, dan salah satu hasil yang paling penting dari yang embeddedness adalah modal sosial. Definisi sosiologis yang diterima secara umum Modal sosial adalah kemampuan untuk mendapatkan akses ke sumber daya berdasarkan keanggotaan dalam jaringan atau structures.2 sosial yang lebih besar Jelas, seperti kemampuan mengalir keluar dari embeddedness (bagian) , menjadi salah satu yang paling nyata manifestasi.   Salah satu bagian dari modal sosial yang sangat berpengaruh dewasa ini adalah modal sosial kepercayaan ( trust) yang dapat memberikan andil yang besar dalam pembangunan ekonomi masyarakat. Ikatan-iktan sosial yang ada dalam masyarakat harus direkatkan dengan kepercayaan.  Modal dasar dari adanya ikatan sosial yan

Mengenal Profesi Enumerator

Pernah dengar profesi enumerator ? menurut KBBI V Enumerator adalah  petugas lapangan yang membantu tugas tim survei dalam kegiatan pencacahan atau pengumpulan data. Lalu apa saja yang dikerjakan oleh seorang enumerator ? secara umum ada 3 hal yang dikerjakan oleh seorang enumerator, yaitu :  1.  Pengumpulan data Kalo pengumpulan data  nggak jauh-jauh dari yang namanya kuesioner. Yups, tugasnya enum itu nyebarin kuesioner atau melakukan wawancara yang sudah ditargetkan oleh tim survei. 2. Cek Isian Kuisioner  setelah kuisioner diisi oleh responden,tugas enum adalah memastikan isian kuisioner telah dijawab semua oleh responden sebelum diperiksa oleh koordinator tim. 3. Entri data Kuesioner yang sudah di acc sama koordinator tim  akan kita entry ke aplikasi yang sudah diberikan pada saat workshop, selesai entri data beres deh kerjaan sebagai enumnya.  gimana, kamu tertarik jadi enumerator ? .