2 Jenis Kemampuan Untuk Hidup



Ada 2 jenis kemampuan yang harus dipunyai oleh seseorang dalam mengendalikan kehidupan yaitu :
1. Kemampuan untuk positive thinking.
Kemampuan untuk berpikir positif akan membuat setiap masalah yang datang sebagai suatu cara untuk meningkatkan kualitas diri. Berpikir positif membuat masalah yang terlihat berat justru terasa ringan.
Kabar baiknya kemampuan berpikir positif ini bisa "direkayasa" dengan sering dilatih dengan berpikir positif. Bisa dengan membaca kisah motivasi, menonton film yang penuh inspirasi dan berada dilingkungan yang positif. Kenapa berpikir positif itu penting? Karena dengan merubah cara pikir akan merubah kehidupan kita. (Silahkan baca tentang Law Of Attraction).
Mengenai berpikir baik ini dalam Islam dianjurkan untuk berhuznuzon atau berbaik sangka kepada ketentuan Allah. Bukankah Allah sesuai dengan prasangka hambanya?
2. Kemampuan untuk positive feeling.
Positif feeling adalah sebuah ruang kosong yang berada di hati setiap insan. Ruang kosong itu hanya bisa diisi dengan ketenangan dan kedamaian jiwa. Cara untuk meraih nya adalah dengan mengisi kebutuhan batin yaitu dengan ibadah menjalankan perintah agama. Dalam Islam kunci untuk meraihnya adalah dengan mengingat Allah. Dalam surat Ar - Ra'du Allah berfirman:
Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram” (Qs. ar-Ra’du: 28).
Artinya dengan berzikir kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala segala kegalauan dan kegundahan dalam hati akan hilang dan berganti dengan kegembiraan dan kesenangan.
Kemampuan untuk mengolah rasa dengan baik akan membuat kehidupan seseorang menjadi tenang dan damai. Berbeda dengan positive thinking, positive feeling justru tidak bisa direkayasa. Dia hanya bisa dirasakan oleh hati yang tunduk dan patuh terhadap perintah Allah. Ikhlas ? Ikhlas itu didapat dari hati yang disuburkan oleh Allah rasa cinta di ladang hati setiap insan yang tunduk dan patuh pada Nya.
Maka mari cari dan temukan kemampuan ini dengan berkumpul dengan lingkungan baik, dan belajar dari yang sedikit, supaya nanti kita pintar mensyukuri yang banyak. Karena Mereka yang baik dalam menjaga hatinya adalah mereka yang berhasil mengandalikan harapan dalam dirinya.

Komentar