Cara Menasehati




TUBI (Tulisan Robi)
Cara Menasehati
Nasehati aku dikala kita hanya berdua
Jangan meluruskan ku di tengah ramai
Sebab nasehat di depan banyak manusia
Terasa bagai hinaan yang membuat hatiku luka
Asy-Syafi’i, Diwan

Dalam berhubungan dengan sesama manusia, menjaga harmoni berarti menghindari konflik. Akan lebih baik diam jika bicara justru memperkeruh situasi. Lebih baik mengalah jika menang berarti membuat luka. Lebih baik mendahului minta maaf meski berada dipihak yang benar. Lebih baik memberi meski hak kita adalah menerima. Begitulah dan seterusnya.
Lalu bukankah kita hidup bukan hanya untuk keselarasan ? bukankah kita harus hidup dengan kebenaran, dalam kebenaran, dan demi kebenaran ? dan bukankah kebenaran itu harus ditegakan meski terhadap orang yang kita cintai ? bukankah itu berarti kita harus mengingatkan yang lupa, menegur yang khilaf, meluruskan yang bengkok, membetulkan yang keliru dan menunjukan yang sesat ? 
Kita kadang merasa lebih benar, lebih baik, lebih tinggi dan lebih suci dibanding yang kita nasehati. Mungkin kita perlu ingat nasehat ini.“ jika kau merasa besar, periksa hatimu. Mungkin ia sedang bengkak. Jika kau merasa suci, periksa jiwamu. Mungkin itu putihnya nanah dari luka nurani. Jika kau merasa tinggi, periksa batinmu. Mungkin ia sedang meyang kehilangan pijakan. Jika kau merasa wangi, periksa ikhlasmu , mungkin itu asap dari amal shalihmu yang hangus terbakar riya".
Ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan dalam saling nasehat-menasehati dalam berhubungan
1.      Berikan nasehat kepada mereka yang memintanya. Mereka yang meminta nasehat adalah mereka yang telah siap untuk menerima masukan dan koreksi. Memberi nasehat tanpa diminta apa lagi dengan nada lebih merasa lebih atau justru akan membuat seseorang jauh dari kebenaran.
2.      Memperhatikan waktu, situasi dan kondisi.
Waktu yang tepat adalah segalanya.
3.      Jangan terlalu sering memberi nasehat. 
Sesuatu menjadi  berharga sebab ia langka. Nasehat yang terlalu banyak akan membebani persahabatan dan menyesaki persaudaraan.
4.      Sampaikan secara ihsan.
Bagaimana caranya menyampaikan nasehat dengan baik ? hendaknya dilakukan dalam keadaan sembunyi-sembunyi dan berdua saja
Semoga saja dalam hubungan kita dengan sesama manusia kita bisa membangun keselarasan dan harmoni dalam kehidupan sebagai makhlus Allah yang beriman.

Komentar