Langsung ke konten utama

Fungsi Ilmu Sosiologi Selama Pandemi COVID-19



Wabah pandemi COVID-19 yang menjadi headline utama pada tahun 2020 ini membuat tatanan kehidupan masyarakat mengalami perubahan. Para ilmuan dibidang kesehatan, biologi dan lainnya berjibaku dan berjuang dalam menghadapi wabah ini. Lalu pertanyaannya apa peran sosiolog atau ilmuan sosial selama masa COVID-19 ini. Kita akan merasakan dampak yang COVID-19 ini dalamwaktu yang lama terutama dalam bidang sosial budaya oleh karena itu peran sosiolog sangat esensial untuk mencari solusi bagi masyarakat

1.       Social Engineering

Fungsi ilmu sosial khususnya sosiologi adalah membuat rekayasa sosial di masyarakat. Rekayasa sosial ini dimaksudkan untuk membuat keteraturan dimasyarakat yang mengalami keresahan yang diakibatkan oleh wabah COVID-19.  Peran sosiolog disini sebagai pemberi rekomendasi kepada pemangku kebijakan  agar berbagai macam program  pencegahan bis berjalan optimal. Pelaksanaan PSBB merupakan salah satu bentuk rekayasa sosial dimasyarakat karena mampu membuat masyarakat memiliki kebiasaan baru dan beradaptasi dengan perubahan yang diakibatkan oleh COVID-19.

2.        Analisis sosial

Ilmu medis tidak dapat berjalan sendirian tanpa didukung oleh ilmu sosial, keilmuan medis diperlukan untuk penyembuhan penyakit sedangkan ilmu sosial berperan sebagai supporting  penyembuhan, pencegahan dan penyebaran. Penyebaran virus COVID-19 bukan hanya bicara soal konteks medis saja, tetapi juga pola penyebaran epidemi  virus ini yang bisa dicegah. Pola penyebaran virus ini bisa dilihat pada mobilitas sosial masyarakat dan proses interaksi.

Itu adalah peran yang bisa dilakukan oleh ilmuan sosiologi, jika masalah kesehatan dokter yang berada digarda terdepannya maka masalah sosial yang ada yang diakibatkan oleh pandemi COVID-19  ini maka sosiolog lah yang menjadi penenang bagi masyarakat agar terciptanya keteraturan sosial dimasyarakat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini